ROCKER Juga Butuh CINTA ( Chapter 2 )

ROCKER Juga Butuh CINTA ( Chapter 2 )

 

2.Mie Ayam Pak Dul…

Di Brawijaya kantin di bagi menjadi 3 kategory, pertama “Black canteen” biasa di dominasi pedagang tidak resmi dari luar kampus, sebagai contoh mang Parno pedagang cilok, pak Ngatimin pedagang bakso, atau mas Tejo pedagang batagor.

Kedua “low end canteen” kantin resmi namun bernasib malang dengan lokasi yang kurang pas untuk bisa disebut sebagai kantin, contohnya mang Usup penjual tahu telor yang mengunakan lahan 3x2 meter sisa pembangunan gedung MIPA yang rencananya akan di bangun bak sampah, atau bu Minah memanfaatkan lahan selebar 2x4 meter tepat di bawah pohon mangga yang sudah 3 abad kagak pernah berbuah.

Ketiga “high end canteen” kantin yang satu ini sering disebut kantin ekslusif, resmi dan mewah. Biasanya ada gedung khusus untuk kantin ini, bisa di gedung fakultas atau pun di koperasi mahasiswa yang biasa di sebut Kopma. Tempat bersih, nyaman, dan muaahale minta ampun. Seiring perkembangan universitas Brawijaya dengan Rektor barunya kantin kategori 1 telah di tiadakan, karena birokrasi yang rumit dari pejabat berduit diatas sana yang membuat mereka harus mengais rejeki di tampat lain, dan buat Ken juga merupakan suatu malapetaka. Semakin sedikit pedagang dengan harga merakyat yang bisa dia utangi.

Kantin low end di halaman samping gedung FE pagi itu tampak lengang, belum banyak mahasiswa yang datang untuk sarapan pagi. Hanya beberapa mahasiswi saja yang ngumpul sambil ngerumpi ngomongin cerita sinetron Putri yang di tukar dimana Amira semakin mesra dengan kekasihnya. Entah apa tema obrolan hari ini , yang jelas sejak berangkat dari kostnya di gang Veteran dalam hingga sampai kantin , Ken telah mendengar lebih dari 5 topik pembicaraan mengenai acara televisi. Yang pertama bu Inah, penjaga warung kelontong di sebelah kost yang asik mengobrol dengan pembelinya perihal Inayah yang terus di siksa oleh umi Desi, padahal Kanjeng Doso tahu kalo umi Desi sangat jahat dan beringas. Berjalan 5 langkah Ken mendengar cerita yang berbeda. kali ini berasal dari kost cewek berpagar warna biru. Tampak 2 wanita muda sedang asik membicarakan maraknya boysband dan girl band. Dengan rada-rada histeris suara mereka melengking menirukan gaya bernyanyi SNSD.

Pagi itu semakin Kental dengan suasana acara TV saat Ken hendak menyeberang jalan menuju kampus, terdengar sayu seorang petugas kebersihan kota berbincang dengan penjaga warung rokok tentang kemenangan Manchester City atas Manchester United di ajang premier league, dan mencoba men-justice alex ferguson bahwa keputusannya menarik Carrick untuk lebih bertahan itu adalah hal yang keliru. Ken hanya bisa menggeleng, dalam hatinya bergumam

“Andai saja aku punya TV di kost…”.

Petualangannya belum berhenti, sesaat setelah masuk ke kampus segerombolan mahasiswa kedokteran mendeklamasikan dengan keras iklan konser Nidji yang akan di gelar di Malang 2 minggu lagi yang di sponsori oleh pabrik rokok terbesar di Indonesia. Dalam hati Ken bergumam lagi

“Nanti kalo aku yang konser, aku akan pake sponsor pabrik gethuk lindri terbesar di asia-tenggara…liat aja ntar”.


Hingga pada akhirnya cerita tentang acara televisi di tutup oleh kisah Fitri dan Farrel yang semakin ricuh oleh kehadiran Mischa dan Faiz. Jadi bisa dengan sangat meyakinkan topic of the day is television show…

“Entah lah, seandainya aku punya TV...” kata Ken lagi dalam hati…

Ken langsung menuju ke sudut kantin itu, ke gerobak mie ayam milik pak Dul. Mie ayam yang yang di klaim asli solo padahal sejatinya pak Dul berasal dari Pandaan-Pasuruan dan tak ada sedikitpun keluarga pak dul yang berasal dari solo. Lalu resep mie di dapat dari siapa?? Tentu saja dari tabloid resep masak. Tapi tidak buruk, dengan mie itu pak Dul bisa menyekolahkan anak dan membayar kreDoan mio berwarna merah yang tengah parkir di samping gerobak.

“Muoorning pak Dul…wah…wah…pagi ini pak Dul wes nguanteng…wes mbois tenan…” celetuk Ken dengan senyum sejuta arti tangannya yang sigap mengelu-elus tiang gerobak di samping panci kuah mie ayam.
“Wes…wes….sudah ndak usah ngerayu…aku tahu kok…kowe mau ngutang lagi toh? Preman kok ngutangan…” silat pak Dul tak mau kalah dengan senyum lebar dan matanya ekspresi puas membaca maksud Ken.
“Lho jangan salah pak Dul, preman juga manusia, butuh makan, nutrisi, gisi dan yang penting preman juga bisa Kena krisis financial pak Dul…tapi saya kesini bukan mau ngutang lho…kali ini tak bayar pak Dul…sama yang kemarin” tangkis Ken dengan nada filosofis seorang seniman jalanan.

Pak Dul hanya tersenyum, sambil menuangkan kuah mie ayam nya ke 5 mangkuk di sebelahnya. Sepertinya itu pesanan mahasiswi2 yang pada ngobrolin Cinta Fitri.
“Nah gitu dunk, buktikan juga kalo preman juga bisa bayar hutang…kan apik toh kalo preman utangnya lunas…” senyum pak Dul dengan nada menyindir Ken.

Ken hanya bisa tertawa kecil dengan sedikit malu sembari melihat pak dul mengantarkan 5 mangkuk mie ke arah mahasiswi-mahasiswi itu. Dan sesaat kemudian kembali lagi ke gerobak.

“Huwalah pak Dul, sing jelas aku baru dapat kiriman dari ibuku jadi hari ini bisa bayar hutang pak…kalo gitu buatin satu, seperti biasa kuahnya yang buanyak, sambal di pinggirin dan mangkok nya pake yang gambar kembang aja yo..soalnya lebih besar dari yang gambar ayam jago…hehehehe” jurus Ken memelas.

“Beres…wes tungguen di sana nanti tak anter” jawab pak Dul sambil menjukkan meja kayu yang masih di penuhi guguran daun dari pohon diatasnya.

Ken pun beranjak ke meja itu, dan melemparkan sedikit senyum pada sekumpulan cewek yang asik ngomongin keluarga Hutama. Salah satu dari mereka pun cuma nyengir kuda ngeliat glagat Ken yang mirip ayam petelor nyari pejantannya.

Bruugkkk!!!! Tas Dekil Ken di lempar ke atas meja. Boleh tarohan, tas Ken hanya berisi barang-barang yang bisa di bilang gak penting untuk mendukung proses perkuliahannya. Seperti handuk kecil, kunci inggris, binder lecek yang ujungnya udah pada patah, lipatan beberapa hasil ujian beberapa bulan kemarin yang nilainya hanya cukup buat makan sehari alias pas-pasan, dan tidak ketinggalan kumpulan pulpen2 boleh nemu dan kebanyakan pulpen itu udah kagak bisa di pake. Alhasil hanya sebagai bahan lemparan buat ngegoda Dara. Anak fakultas psikolog yang juga temen Ken pada kelas bahasa inggris. Anak nya lumayan kece, rambut ikal, dan selalu memakai jepit rambut kecil di depan poni nya. Tapi anehnya meski keujanan, kepanasan tuh anak kagak pernah kelihatan jelek. Senyumnya itu lho bikin Ken terkiwir-kiwir tak berdaya.

Ken duduk dengan kaki kanan di naikkan diatas paha kirinya, orang jawa bilang jigang. Maklum kebiasan duduk di warteg bu Marni. Kebawa dah ampe kuliah. Tak berapa lama Ken duduk dan menikmati atmosfir gedung fakultas ekonomi yang sejuk munculah perlahan-lahan suara yang sangat di Kenal Ken dari jaman Majapahit hingga kuda gigit besi.

“Pak Dul…mie ayam…dagingnya banyakin, kuahnya banyakin, mie nya banyakin dan harganya kurangin…muanteb jaya pokoknya pak Dul ”

order makanan gaya baru ala Dodo, mahasiswa teknik elektro. Satu fakultas sama Ken, satu grup band sama Ken, dan satu nasib sama Ken. Sama-sama jomblo pasrah, nungguin paketan bidadari nyasar ke depan pintu kost mereka. Mendengar celoteh Dodo, pak dul hanya tersenyum dan meneruskan racikan mie ayamnya.

“Watsap bro..i look you punya muka ceria sekali hari ini…habis menang lotere yo?” timpal Dodo dengan langsung mengalungkan tangannya ke pundak Ken.
“Ennndasmu…lotere dengkulmu mlocot kuwi” sahut Ken ketus. Tapi senyumnya terus mengembang dengan tatapan lurus ke depan.
“Lha terus ada apa pren? Maybe you can bisa cerita toh…” celetuk Dodo, Dodo memang selalu saja ingin tahu apa aja yang dialami oleh kawan kembar sial nya itu.
“Ngomong apa sih kamu tuh…nih aku cuma lagi ngebayangi bagaimana seandainya kita punya pacar…kan enak tuh pagi-pagi bisa sarapan mie ayamnya pak Dul di temenin pacar”
“Owalah Ken…liat jam berapa? Ngimpi mulu..”
“Lho..ra popo toh…bayangin kalo kita punya cewek, kuliah bisa semangat, malem2 bisa jalan2, gak sendirian mulu”
“Lho sendirian gimana…lha aku..kan kita bisa jalan2 bareng toh…”
“Oooo…hombreng kowe yo….sing aku maksud itu ngedate bareng pacar…kalo karo kowe yo garing pakde”

Sedang asik mereka berkoar-koar, pak Dul datang dengan 2 mangkuk mie ayam lengkap dengan sambal yang super berjibun. Maklum 2 orang pelangan special ini emang rada maniak ma yang namanya sambel. Kadang nih ye kalo pas sambal pak Dul habis, dua orang ini ngebela-belain metikin tanaman Lombok milik riset fakultas pertanian. Ya geger akhirnya satu fakultas ngeliat tanaman riset mereka raib tak berbekas.

“Nih…mie ayam pesenan kalian lengkap dengan sambal…tapi ingat kalo kepedesen gak ada minum…airnya masih di rebus” jelas pak Dul dengan senyum puas..

Ken yang emang doyan benget ma yang namanya pedes angkat bicara,

“Lho…gimana toh…nanti kalo kita-kita kepedesan gimana pak?”
“Iya pak Dul…masa toh ndak air sedikit-sedikit aja….ato air kobokan juga kagak papa dah...asal ndak panas pak Dul” protes Dodo, soalnya dia takut kagak ada minum. Gaya kepedesennya norak. Bisa merem-melek kaya orang abis nelen koin 500-an
“Maaf, mas-mas…kalo mau minum silahkan disana…ueeenak…dingin-dingin…sueeger lagi…” bela pak Dul sembari menunjukkan lemari es berisi minuman botol dan sayaka juice.
“Wah…pak Dul ndak asik…yo wis mengko tak cari kran aja….nasib”
Pak Dul pun beranjak kembali ke gerobaknya meninggalkan 2 makhluk aneh yang ragu-ragu mau menambahkan sambal ke mie ayam mereka…
“Ken, dari pada kita kuliah sambil kepedesen, gimana kalo kita beli minuman botol itu aja Ken…darurat ini”
“Wooo…ndak mikir kowe yo…kalo minum begituan…trus nanti kita bayar nya pake opo? Ndak mikir kamu tuh”

Ken masih saja menatap sambal dengan mimik wajah dibuang sayang. Disatu sisi, buat Ken sambal itu dah bagaikan kebutuhan primer. Makan tanpa sambal udah kaya makan semur tanpa jengkol, hampa terasa. Tapi disisi lain, kepedesen tanpa minum itu juga kesiksa banget. Serasa di gebukin hansip satu kompi.
“Trus gimana ini?tetep pake sambel kita?”
“Iya Do…ingat…kita adalah pria sejati..kepedesan bukan lah penghalang…kau lihat…sambal2 ini sudah berteriak-teriak untuk kita santap….jadi tunggu apa lagi…”
“Bener Ken…kita adalah pria yang pantang menyerah….kalo gitu kita santap meski tanpa air minum ya…”
“Yoa bro…hajar bleeehhhhh”

Kraaauss…kraaaussss….akhirnya jadi juga mereka makan pake sambal. Bener-bener seperti tidak pernah makan mie ayam 5 tahun. Lahap dan pada blepotan, kuahnya pada nyiprat, mie langsung di sruput, srrruuuuttt…..tanpa memandang sekitar. Cewek2 yang sedari tadi melihat tingkah laku kedua orang aneh itu pun terdiam dengan mulut setengah menganga. Dan hanya bengong di perasaan mereka berkata
“Apa tuh orang baru pertama kali makan mie ayam ya?”
Sungguh cara makan yang brutal.

ROCKER Juga Butuh CINTA ( Chapter 1 )                   ROCKER Juga Butuh CINTA ( Chapter 3 )
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top