Seni Khas Melukis Rokok "CETHE" di Tulungagung

Seni Khas Melukis Rokok "CETHE" di Tulungagung

Siaaangg...
Waah hari ini "Kaskus Corner" agak terlambat kawan... Abis ngubek-ngubek kaskus nyari postingan keren. akhirnya dapat juga. Bang Batitong kali ini akan menyajikan postingan dari agan BagusSan. tentang 'nyethe' ato 'cethe'... apa itu nyethe? Bang Batitong bukan perokok tapi alangkah baiknya kalo kita baca sendiri unik nya nyethe... kita cekidot!!

Pasti agan yang belum tahu bakal bertanya, apa sih istilah CETHE itu?
nah ini ane kasih tau
CETHE adalah istilah MELUKIS Rokok menggunakan sisa Bubuk kopi yang sudah diminum dan kemudian dilukiskan dengan berbagai motif, misalkan batik dan motif lainya. Nah, istilah ini sangatlah familiar di kota Tulungagung. Bahkan mungkin beberapa orang menyimpulkan Istilah CETHE itu berasal dari Tulungagung.
Ni kalo agan2 gak tau kota yang bernama Tulungagung, ane kasih Peta :



Banyak orang bertanya : apa Manfaat dari CETHE sebenarnya ?

         Ada berbagai macam asumsi dan sudut pandang masyarakat mengenai aktivitas nyethe (kegiatan CETHE melukis rokok) ini, baik asumsi negatif maupun positif. Banyak masyarakat berpendapat bahwa kegiatan ini adalah kegiatan wong kurang gawean (orang kurang kerjaan), bahkan ada juga yang berpendapat bahwa kegiatan ini kurang bermanfaat, sia-sia belaka, dan membuang waktu. Namun ternyata banyak manfaat positif yang dapat diambil, manfaat tersebut antara lain :
Mengasah Kecerdasan sosial dan kemampuan berkomunikasi, ketika seseorang melakukan kegiatan ngopi dan nyethe, seseorang dalam suasana yang santai berkumpul dan saling berinteraksi satu sama lain, terlebih lagi jika sama-sama sedang nyethe. Kegiatan ini bersifat sangat santai dan terbuka, dan tentu saja dapat memperluas pergaulan seseorang.
 
        Dapat membentuk komunitas baru, setelah terjadi interaksi sosial antara sesama penyethe, dapat terbentuk komunitas baru karena adanya obrolan-obrolan ringan namun berbobot antara sesama penyethe yang saling menemukan kecocokan. Sebagai hiburan dan penghilang stress, ketika melakukan kegiatan nyethe dan ngopi, seseorang akan saling berinteraksi, bercanda tawa, sambil menyalurkan hobi berkesenian melalui nyethe dan tentu saja sambil ngopi.
 
        Dapat memperluas wawasan melalui obrolan ringan antar teman. Mengasah kemampuan berkesenian. Mengasah kreativitas untuk menciptakan motif-motif baru dan unik di atas media rokok. Dapat menambah kenikmatan ngopi, seseorang dapat menikmati sensasi kopi dari rokok yang telah digambari dengan olesan kopi ketika dibakar, dan ini merupakan kenikmatan tersendiri bagi para penikmat kopi dan rokok.

          Saat ini kegiatan nyethe sudah banyak dilakukan pada komunitas-komunitas tertentu, bahkan tak jarang pula diadakan kegiatan seperti lomba nyethe. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa nyethe dapat memperkaya khazanah kesenian nusantara.

Nah ini sebagian dokumentasi hasil UNIK CETHE :

























Gimana kawan? keren bukan... ya Rokok memang berbahaya, Bang Batitong juga setuju itu. tapi kita liat dari segi seninya deh. Rokok kan hanya media, jika kita tidak suka dengan media tersebut kita bisa pakai media lain. Yang jelas terus lah berkreasi dengan kreatif dalam bentuk apapun itu...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top